Jumat, 09 Oktober 2009

Bisnis Sabut Kelapa


Sedikit saya ingin berbagi cerita,..

Sekitar bulan April tahun 2006, saya didatangi oleh pengusaha asal Korea. Ia menawarkan pada saya, apakah bisa mensupply sabut kelapa ke negaranya?...kontan saja saya bilang sanggup (saat itu saya berpikir bahwa ini kesempatan emas). Tak lama kemudian saya disodori spesifikasi produk yang ia inginkan, harga per tonase dan jumlah tonase yang akan dibeli.
Sekedar diketahui saja, bahwa sabut kelapa itu akan ia buat sebagai media tanam di Korea.

Korea membutuhkan 5,000 ton tiap tahunnya untuk memenuhi permntaan di negaranya. Terus terang saya tergiur dengan Penawaran pembeli dari negeri Ginseng itu di satu sisi saya sebenarnya masih buta mengenai seluk beluk tentang tata niaga per-kelapaan di Indonesia. Karena memang pada waktu itu saya tidak melakoni Agrobisnis khususnya Kelapa.

2 hari kemudian,...saya kontak kawan saya asal Manado-Sulut, dan membicarakan peluang bisnis sabut kelapa yang akan di ekspor tersebut. Kawan saya bilang, bahwa Sulawesi adalah pusatnya petani kelapa dan ia sanggup untuk mengantarkan saya kepada sentra sentra produksi Kopra di sana otomatis disana pasti banyak di jumpai sabut kelapa. Umumnya sabut kelapa tidak dipakai sama sekali alias di buang begitu saja,..seandainya berguna itu pun di jadikan bahwan bakar oleh si petani Kopra, atau di jual kepada pengrajin keset atau tambang itupun dengan jumlah yang sangat sedikit.

Singkat cerita, spesifikasi yang saya ajukan kepada Buyer tidak masuk dalam standar produk yang ia inginkan. Beberapa kali saya coba mengirimkan sample, namun tidak juga membuahkan hasil. Pengalaman itu merupakan awal pembelajaran bagi saya untuk menekuni bisnis dalam dunia Agro khususnya Kelapa dan turunannya.

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa kelapa merupakan tanaman yang mulai dari ujung daun sampai kepada akarnya berguna. Banyak diantara kita sebenarnya "buta" terhadap potensi yang bisa kita buat terhadap buah kelapa. Dari sabutnya saja, kita bisa buat beberapa diversifikasi produk, yang antara lain; Cocotail (tali tambang), Cocofiber, Cocopeat (media tanam sebagai penahan air), Cococoir, Cocopot, Cocomesh (jaring), dan masih banyak lagi. Dalam istilah lain bisa disebut Coir Peat, Coir Husk Chips, Grow Bags, Coir Fiber, Coir Needled Felt, Coir Composites, Coir Garden Articles, Coir Geo Textiles, Coir Ecolawn, Coir/ Coco Logs or Geo Rolls, Coir Wall Garden.

Sebagai info, sepengetahuan saya Lampung adalah daerah terbanyak yang sudah melakukan ekspor khususnya ke negeri china. Setidaknya 4,600 ton tiap bulannya di ekspor ke negri tirai bambu. Dengan transaksi setiap ton antara US $ 96.2, dan itu telah berlangsung selama 2 tahun (http://matanews.com/2009/09/13/lampung-ekspor-sabut-kelapa). Begitu juga dengan daerah Kulonprogo, Banjarnegara, Kebumen mereka beromba-lomba membuat produk sabut kelapa sesuai dengan permintaan pembeli.

Sekarang ini, mungkin di wilayah sikitar anda banyak orang yang begitu saja membuang sabut kelapa. Mereka tidak menyadari bahwa Sabut itu sebenarnya adalah emas yang terpendam. Malah ada di beberapa daerah, mereka rela mengeluarkan uang hanya sekedar meminta jasa orang lain untuk membuang sabut kelapanya. Karena apa mereka begitu? karena mereka tidak tahu dan tidak mengerti.

Saat ini, saya pun sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk memproduksi sabut kelapa sehingga lebih bernilai. Insyaallah bulan depan sudah bisa running, untuk masalah pemasaran sudah ada beberapa pengusaha yang sudah menjalin komunikasi yang intensif.
Bagi kawan-kawan yang ingin tahu lebih tentang bisnis ini, sebisa mungkin akan saya bantu.

Target saya adalah bagaimana kita menjual Bahan Jadi (lokal maupun ekspor) sehingga akan ada nilai tambah dari sekedar menjual Bahan Setengah Jadi/ bahan Baku saja.
Saya yakin, pengusaha Indonesia bisa untuk itu. Semua itu tergantung pada kita, pada cara berpikir kita.

Meminjam pepatah dari Gerakan Saemoul Undong-Korsel :
" Dua tangan itu lebih baik daripada satu tangan "



Rizal NF Sulaeman

48 komentar:

  1. Saya berniat untuk memulai bisnis pengolahan kelapa ini dan saya ingin lebih mengerti mengenai bisnis ini. Saya memang tau sabut kelapa sangatmelimpah dan pemanfaatannya masih sangat tidak maksimal,sekiranya bapak mau berbagi informasi...terima kasih..

    BalasHapus
  2. Sebisa mungkin saya akan share informasi ini,.. :)

    BalasHapus
  3. Saya sangat tertarik Pak...karena di kebumen bahan baku melimpah.
    mohon saya minta alamat Bapak untuk saya survey sebagai study banding
    mohon info ke saya di hp 081 327 37 8888
    email di erwin.winnerproduction@gmail.com

    BalasHapus
  4. mas rizal kebetulan saya usaha dibidang arang tempurung kelapa dan sabut kelapa...saya kesulitan pemasaran...no hp saya 0819805255..
    kira2 mas bisa bantu memesarkan.
    terimakasih sebelumnya.


    lusi batam

    BalasHapus
  5. Salam kenal Pak... saya sangat interest dengan tulisan Bpk mengenai sabut kelapa, dan saya ingin memulai usaha tersebut krn kebetulan didaerah saya sabut kelapa tsb masih sangat banyak, saya mohon informasi mengenai bisnis ini lbh lanjut, kemana akan menjualnya, dan seperti apakah spesifikasinya, email saya : jeffry_king@hotmail.com

    BalasHapus
  6. wah bagus nih ada peluang usaha sabut kelapa...,di tempat saya lumayan bnyk sabut kelapa.... hub email saya hendra.nda@gmail.com

    BalasHapus
  7. Dear All,

    Sampai dengan hari ini, pada dasarnya peluang eksport sabut kelapau dan turunannya masihlah sangat bagus. Namun, khusus untuk pasar eropa, yang saya alami pasar disana saat ini masih terpuruk karena kondisi perokonomian.
    Walaupun di berita, sering kita dengar,..bhw eropa sedang berupaya memulihkan kondisi ekonominya dengan suntikan dana yang luar biasa.
    Pada kenyatannya, buyer buyer kami tidak ingin melakukan long term contract, mereka masih menunggu kepastian pemerintah di eropa mengenai perkembangan situasi ekonomi di sana.

    BalasHapus
  8. Salam kenal pak Rizal Sulaeman. Saya cukup tertarik membaca tulisan bapak. Alasan saya karena di tempat tinggal saya, sabut kelapa hanya di bakar dan dibuang(seakan tidak bernilai). Untuk itu, sering saya mencari info ttg pengolahan dan pasar sabut kelapa serta harga mesin pengolahnya. Sekiranya bapak berkenan memberikan info, begitu bahagianya saya. Tks pak atas bantuannya( Salam James Manado jawaeh@gmail.com

    BalasHapus
  9. Salam kenal pak Rizal Sulaeman. Saya tertarik dengan bisnis ini,mohon info pemasaranya..
    trimksih..

    imron banyuwangi
    081937901115
    085233181115
    rm_iroenz@yahoo.com

    BalasHapus
  10. sya juga berminat untuk bisnia sabuk kelapa,, didaerah sy sulawesi barat. stok sabuk kelapa cukup banyak.sy sudah beberapa kali mencari pembeli namun belum bisa ketemu, mudah-mudahan dengan komunikasi ini ada solusi.

    Salam
    Suiab (081 354 954 620)

    BalasHapus
  11. pak rizal boleh g minta contact personnya saya hery sya mendukung sekali usaha dengan berbasiskan kelapa ,,,

    BalasHapus
  12. salam kenal pak rizal sya mas yudi slwesi tengah.
    mnta tlg krm contact person anda k nmr sya
    081230552078.
    sya mau sherring lbh lebar mslh hrga n pemasaran sabut klapa karna kondisi disni sgt mndukung untk bsnis itu

    BalasHapus
  13. pa rizal apakah sabut kelapa itu perlu dicuci dulu setelah diurai jadi sabut

    BalasHapus
  14. assalamu alaikum, mas RIzal...bisa info buyernya klo untuk export.
    cp sya mas.........
    alaminsignia@gmail.com
    04112038594
    085327334548

    BalasHapus
  15. As..w..w.. salam kenal mas Rizal...sy sdh baca blognya diatas, anda bogornya dimana ya..? Kebetulan sy lg dibogor...kl boleh sy silahturahmi & belajar ilmunya...sy sangat tertarik dg orang kreatif seperti anda...trmksh...11kopassus...w..w..w..

    Email : dian.kartika.putri@gmail.com

    BalasHapus
  16. pilihan cerdas untuk memulai usaha. karena selain serabut kelapa itu mudah di dapat stock melimpah murah, pengelolaannya juga tidak membutuhkan kimia. cukup ala konvensional sudah jalan, saya yakin ini adalah martil kejayaan,, smoga

    oh ya saya tertarik dengan istilah " Dua tangan itu lebih baik daripada satu tangan " hehe keep share

    BalasHapus
  17. pak kalau bisa di email ke sy spesifikasi sabuk kelapa yg di butuhkan .... sy mau supply pak ... email sy . daengachank.polinaslp3i@gmail.com.
    thanks ...
    by. hasanuddin Dj, SE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi rekan2 yg Pingin jual Coco Fibre, Saya masih bisa tampung sekitar 200 Ton per bln, silahkan Inbox ke 081905460707

      Hapus
    2. Pak saya juga sangat tertarik dengan pemnfaatan sabuk kelapa ini di daerah saya Sulawesi Selatan juga penghasil kelapa yang melimpah mohon diemail juga pak ke ira.firawati28@gmail.com
      Terima kasih sebelumnya Pak

      Hapus
  18. Pak rizal, bgmn usaha sabut kelapanya? Apakah masih jalan? Sperti komentar d atas, saya juga ingin bisnis di bidang ini.rozib.hg@gmail.com

    BalasHapus
  19. Pak, kemana saya bisa jual bahan (kulit kelapa yang masih utuh) untuk wilayah Kebumen, kalau boleh mohon info no telp yang bisa dihubungi.

    BalasHapus
  20. Pak Rizal, mohon diemail spesifikasi sabut kelapa yg dimaksud.
    Saya mau supply jg pak,
    mohon email ke (vandem.jee@gmail.com atau jee_hk4@yahoo.com)
    mksh,

    BalasHapus
  21. pak saya benar2 sangat berminat dalam bisnis ini,,
    tolong beri saya informasi yang lebih jelas
    email : hanselagustian@yahoo.co.id
    082181000199

    BalasHapus
  22. pak Rizal,,
    kemana bisa saya jual sabut kelapa nya pak?
    tolong informasi nya pak.
    bisa hub saya di no 081268729723 atau email zulpasbar@gmail.com

    BalasHapus
  23. Salam kenal Pak Rizal Sulaean, saya Imawan, sangat berminat dengan persabutan, mohon no kontak person agar dapat berkomunikasi lebih intens. No saya 081313770075 (Simp), 08179437898 (XL, dan email utan.awan6@gmail.com. Maaf dan terimasih

    BalasHapus
  24. salam kenal pak...saya kesulitan untuk memasarkannya..mohon infonya siapa yang dapat saya hubungi untuk memasarkan produk olahan kelapa.. terimakasih

    BalasHapus
  25. tolong email saya kemana harus saya pasarkan di athaillah_teuku@yahoo.com

    BalasHapus
  26. Mohon info pemasaran ke amrin.sky01@gmail.com

    BalasHapus
  27. Pak Rizal,bgm kelanjutan akan usaha sabut kelapa ini,mohon bisa di share. Terima kasih. ini email saya : denmasatho@gmail.com

    BalasHapus
  28. ass.....
    Pak Rizal saya sangat berminat untuk memulai bisnis ini mohon bantuan bapak.....
    ini no.Hp saya 085241091186 kiranya bapak bersedia membantu saya.....
    terima kasih banyak pak...

    BalasHapus
  29. Pak rizal, saya sangat tertarik dengan bisnis ini, mohon infonya,, kemana harus jual sabut kelapa?
    Bisa hubungi 085747315199

    BalasHapus
  30. Pak rizal, saya sangat tertarik dengan bisnis ini, mohon infonya,, kemana harus jual sabut kelapa?
    Bisa hubungi 085747315199

    BalasHapus
  31. Masih butuh bahan baku sabuk kelapa g pak? No saya: 085361664195

    BalasHapus
  32. Pak rizal saya azwar di t4 saya bnyk melimpah bahan bakunya, boleh hub di email azwararafat090514@gmail.com

    BalasHapus
  33. Pak rizal saya satibi baru saja mengupulkan cocofiber,,saya berminat sekali

    BalasHapus
  34. Pak RisaL, Saya Sangat Pengen Jadi Pengusaha Begini, Tapi Saya Tidak Tahu Cara Pengolahannya Dan Tidak Tahu Buyernya Dimana?

    BalasHapus
  35. Pak Rizal saya sangat tertrik dengan bisnis ini, karena sabut kelapa di tempat saya banyak dan blum d manfaatkan, mohon bantuanya...
    Ini email saya mfery0210@yahoo.Co.id

    BalasHapus
  36. Pak Rizal saya sangat tertrik dengan bisnis ini, karena sabut kelapa di tempat saya banyak dan blum d manfaatkan, mohon bantuanya...
    Ini email saya mfery0210@yahoo.Co.id

    BalasHapus
  37. halo pak Rizal,
    bisnis ini membuat saya tertarik untuk melakoninya,
    tolong bantu informasi nya pak untuk memulai bisnis ini. no saya 082293568684 atau email innoe.uno@gmail.com

    BalasHapus
  38. Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline
    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun, dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik / perusahaan besar dan kecil.
    Beberapa diantarannya sbb:
    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll) area Bali dan sekitarnya


    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.
    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional



    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Note. Untuk lihat foto contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya
    Terima kasih
    Salam

    --
    Ardee

    JINGGARAYA Coating & Protection
    Jl. Taman Marygold B3 / 07 - Greenwood
    Manyaran - Semarang
    M 0821 38515538
    WA 0813 9307 1048
    E jinggaraya.coating@gmail.com

    BalasHapus
  39. Pak sulaiman saya berminat seklai dengan usaha bapak..
    sekiranya bapak bisa share alamat bapak,email atau no telp.
    Agar saya dapat berkunjung ke tempat bapak untuk mendalami bisnis ini..
    mohon email ke alamat ini pak..
    Furqonchmelo87@gmail.com
    sekiranya bapak bisa membantu kami para pemuda indonesia untuk sukses kiat usaha..
    terima kasih..

    BalasHapus
  40. Pak rizal saya tertarik dengan bisnis ini, bisa minta petunjuknya untuk bisnis ini dan spesifikasi yg diminta customer seperti apa..
    Ini alamat email saya..
    20yohanesandre@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  41. Pak Rizal boleh minta kontaknya kah? Saya sangat tertarik dengan bisnis sabut kelapa ini...

    BalasHapus
  42. saya berminat bisnis sabut kelapa ini, pengetahuan dan Pengalaman saya minim, dan juga modal alat terbatas. apalagi pemasaran hasil olahan.
    Mohon pencerahannya di email saya asabihat@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya.
    Sekalian bisa minta kontaknya.

    BalasHapus
  43. Pak Rizal,

    Saya tertarik bisnis sabut kelapa, karena masih minim pengetahuan, mohon pencerahannya di email saya sarana.hutamaintermitra@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  44. mohon info dikirim ke purwono.sunu@gmail.com
    kami ada cocopeat dan belajar untuk memanfaatkannya.
    terima kasih

    BalasHapus
  45. Selamat siang,

    kami mencari exporter coconut fibre untuk perusahaan kami shanghai yuanyi chemical co ltd.

    Silahkan kontak nomor saya di 081806833216

    Regards,
    syahdu

    BalasHapus
  46. Asalamualaikum..... Saya agus bengkellas amerta dari pontianak. Saya sangat tertarik dengan usaha sabut kelapa mengingat potensi sabut kelapa yang lumayan banyak dan belum di kelola secara benar. saat ini, hanya di buang dan dibakar. Saya siyap merakit mesin pengurai sabut kelapa dan bekerjasama untuk membuat cocofiber nomor hp saya 085391155635 , 085654994400

    BalasHapus